6 Makanan Untuk Mencegah Pikun

Sering mengalami lupa seperti lupa meletakkan kunci, membayar tagihan listrik atau lupa hal-hal sederhana lainnya. Bisa jadi memori Anda sudah mulai melemah. Untuk mencegah melemahnya daya ingat, ada makanan yang bisa membantu Anda meningkatkan ingatan.

Berikut adalah enam makanan yang bisa meningkatkan memori seperti dikutip dari laman Idiva:

Berries

Berries kaya akan antioksidan dan flavonoid. "Buah ini membantu otak untuk mengingat hal menjadi lebih baik," kata ahli gizi berbasis di Mumbai, Setalvad Naini. Antioksidan meningkatkan pasokan oksigen ke otak, membantu mengingat menjadi lebih baik.



Lemak Sehat

Minyak zaitun merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan. "Lemak jenis ini juga bermanfaat meningkatkan pasokan darah ke otak, meningkatkan daya otak untuk mempertahankan ingatan," kata Pashtekar Maithili yang juga ahli gizi asal Mumbai.

Lemak Omega 3 sebagai nutrisi yang memiliki kemampuan belajar dan meningkatkan keterampilan otak memecahkan masalah. Kacang-kacangan seperti kenari, almond dan pistachio merupakan sumber lemak yang baik dan sehat juga.

Coklat

"Coklat mengandung serotonin, yang membantu mengurangi stres," kata Maithili. Stres merupakan faktor yang mempengaruhi kemampuan Anda untuk mengingat. Jika bebas dari stres Anda akan mampu mengingat segala hal lebih baik.
Ini adalah sumber yang baik bagi theobromine, stimulan alami yang membantu sel-sel otak untuk meningkatkan memori lebih baik. "Sepotong atau dua coklat hitam sehari juga baik untuk jantung Anda," kata Naini.

Biji-bijian dan millets


Vitamin B sangat penting bagi fungsi kognitif otak. "Biji-bijian seperti gandum dan nasi dan millets seperti jowar dan Bajra merupakan sumber vitamin B yang baik," kata Naini. Gizi lain yang memberikan kontribusi terhadap fungsi kognitif otak adalah vitamin C. "Termasuk buah seperti jeruk dan jambu biji," kata Maithili.

Kembang Kol
Bunga kubis ini kaya akan choline. "Makanan kaya kolin membantu otak Anda untuk mengingat banyak situasi,” kata Naini. Sumber lainnya yang mengandung kolin selain kembang kol dan kubis adalah tahu.

Kunyit
"Ini rempah-rempah yang dapat membantu mencegah Alzheimers," kata Maithili. Kunyit mengandung antioksidan yang melindungi sel tubuh dari kerusakan yang berkaitan dengan usia.

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails