Cacing Sepanjang 12 cm Keluar dari Mata Seorang Kakek

Gak kebayang ngerinya, cacing hidup dikeluarkan dari mata pasien berusia 82 tahun di RS Thiruvananthapuram, India, karena mengeluhkan matanya sakit, berair, dan juga merah.

 Loa Loa filaria jenis cacing yang hidup di cairan tubuh termasuk mata

Pasien ini mengaku merasakan gejala itu selama lebih dari sepekan dan segera ke dokter mata. Cacing yang berhasil dikeluarkan dari mata sang pasien panjangnya sekitar 12 sentimeter, diamater 45 milimeter dan masuk ke dalam jenis Dirofilaria tenui. Cacing ini menyebar melalui darah setelah digigit oleh nyamuk khususnya jenis Aedes, Anopheles,dan Culex dan serangga terbang lainnya, setelah dalam tubuh telur cacing tadi menjadi larva dan berkembang menjadi cacing yang hidup dalam cairan tubuh seperti darah getah bening bahkan cairan tulang belakang, urine, dan apa saja yang mengalir. Lantas bagaimana proses perpindahannya, mari kita lihat gambar berikut:

Proses perpindahan cacing ke dalam tubuh manusia lewat nyamuk

Sang pasien yang merasakan gejala sakit dan merah di mata juga mengaku merasakan sesuatu yang bergerak di dalam matanya. Cacing ini bisa hidup di sejumlah bagian mata termasuk di cairan mata atau di retina. Wah ngeri juga ya sobat ruanghati.com, mulai sekarang perlu kita lebih menjaga kebersihan baik lingkungan dan diri kita, agar terjauh dari berbagai serangan penyakit apapun

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails